Pernyataan Sikap Bersama : Perempuan Mahardhika, Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP) dan Radio Komunitas Marsinah FM


perempuan_ninaAngka Perkosaan Tinggi , Negara Gagal Melindungi Perempuan, Maka Kami Angkat Bambu Untuk Bertahan

Seratus tahun lebih pemikiran Kartini tentang kemerdekaan untuk perempuan, tetapi hingga detik ini belum juga perempuan lepas dari belenggunya. Perempuan, meskipun saat ini telah mendapatkan pendidikan, bekerja keluar rumah, bahkan menjadi presiden sekalipun, tetapi tetap menduduki angka tertinggi sebagai korban yang rentan terhadap kekerasan bahkan pemerkosaan. Dalam catatan tahunan yang disusun oleh Komnas Perempuan tahun 2012 angka kekerasan terhadap perempuan mencapai 216.156 kasus, dengan kasus kekerasan seksual dalam komunitas masyarakat mencapai 2.521 kasus, dan prosentase kasus perkosaan yang cukup tinggi. Bahkan dalam pantauan kami dari media online sejak Januari 2013 hingga saat ini, jumlah kasus perkosaan mencapai 42 kasus, ini belum terhitung kasus-kasus yang dilaporkan ke lembaga-lembaga yang mengadvokasi kekerasan terhadap perempuan.

Dari keseluruhan kasus tersebut sedikit sekali yang ditangani sampai tuntas oleh pihak kepolisian. Contohnya saja yang kami dapat dari media online yaitu kasus Perkosaan terhadap seorang perempuan berinisial WDR di Pemalang, yang diperkosa 3 orang kerabatnya sendiri yaitu 2 orang pamannya dan satu sepupu korban hingga hamil 3 bulan, dan pihak kepolisian Pemalang justru menganjurkan untuk diselesaikan secara kekeluargaan tanpa melihat kondisi korban. Siapapun bisa menjadi korban pemerkosaan atau kekerasan seksual bahkan anak-anak karena menurut data dari Indonesia Police Watch sendiri mengatakan umur korban anak berkisar antara 1-16 tahun, dan siapapun bisa menjadi pelaku pemerkosaan bahkan orang terdekat korban.

Tentu saja kondisi seperti ini membuat banyak perempuan merasa tidak aman, baik di rumah sendiri, di jalanan, di angkutan kota, di pasar-pasar, di sekolah, dan dimanapun. Perempuan selalu merasa khawatir ketika berjalan sendiri, dan mulai muncul perasaan tidak nyaman dengan angka kekerasan seksual yang meningkat dari tahun ke tahun. Kemerdekaan perempuan untuk dapat bekerja keluar rumah, berpendidikan tinggi, bahkan menjadi pejabat sekalipun harus dibayar mahal dengan perasaan tidak nyaman karena besar kemungkinan menjadi korban. Sebagai contoh, perempuan-perempuan buruh pabrik maupun pekerja Toko yang bekerja sampai larut malam masih banyak yang belum mendapatkan fasilitas transportasi dari pihak perusahaan. Walaupun dalam UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 telah diatur dalam pasal 76 tentang penyediaan alat transportasi untuk pekerja perempuan .

deklarasi-bambu-perempuan-barisan-maju-buruh-perempuanMinimnya fasilitas keamanan bagi pekerja perempuan, sementara itu terdapat dorongan untuk pemenuhan nafkah keluarga membuat para pekerja perempuan tidak mempunyai pilihan selain tetap bekerja dengan kondisi tersebut. Hal ini banyak dikeluhkan oleh buruh-buruh perempuan yang bekerja sampai malam. Menggunakan transportasi sendiri saat malam hari telah menjadi ancaman riil bagi perempuan terutama yang bekerja saat ini.

Melihat angka kekerasan yang semakin tinggi dan ketidak sanggupan negara untuk memiliki peraturan bahkan penanganan yang cepat dan berprespektif korban dari aparat keamanan. Maka kami dari organisasi Perempuan Mahardhika, Forum Buruh Lintas Pabrik dan Radio Buruh Perempuan Marsinah FM merasa harus membentuk Barisan Maju Buruh (BAMBU) Perempuan, sebagai bentuk pertahanan diri kami karena negara beserta aparatnya belum mampu melindungi kaum perempuan Indonesia dari kekerasan. Dengan bambu setangan kami akan bertahan dan melawan.

Demikian pernyataan sikap dari kami, dan kami menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mulai bersatu melawan kasus-kasus kekerasan dan pemerkosaan terhadap perempuan, karena pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan bukan persoalan individu melainkan persoalan besar kemanusiaan.

Terimakasih.

Jakarta, 19 April 2013

Mutiara Ika Pratiwi

Perempuan Mahardhika

085647735174

Dian Septi Trisnanti

Marsinah FM

081804095097

Jumisih

Forum Buruh Lintas Pabrik

08561612485

Ampi

Koordinator BAMBU

087877809080

Iklan

One thought on “Pernyataan Sikap Bersama : Perempuan Mahardhika, Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP) dan Radio Komunitas Marsinah FM”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s